Rabu, 18 Juni 2008

MAHASISWA QURA ANI DAN NET WORKING

Mahasiswa merupakan kaum intelektual muda yang merupakan harapan bangsa. Mahasiswa harus mampu berpikir secara sistematis, progresif, transpormatif dan mempunyai planing untuk masa depan yang bekualitas.

Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur an (PTIQ) merupakan wadah bagi mahasiswa pengkaji dan sekaligus penghafal al-Qur’an. Menjadi sosok yang disebut Mahasiswa Qur ani haruslah mempunyai jiwa sosial yang tinggi sebagai modal untuk bermasyarakat, tidak cukup hanya mengkaji dan menghafal al-Qur an saja. Sebab nantinya mahasiswa akan terjun ke berbagai lapisan masyarakat untuk bersosialisasi.

Oleh karena itu alangkah lebih baiknya apa bila mahasiswa selalu aktif dalam aktifitas apapun yang tentunya bisa menambah ilmu, pengalaman, pengetahuan dan kualitas sebagai mahasiswa.

Menjalin jaringan (Net Working) merupakan hal penting untuk melatih mahasiswa berinteraksi, bersosialisasi dan juga hal ini dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan skill atau kemampuan dalam berkompetisi . Salah satu contoh misalanya dengan mengikuti MTQ.

Memang, Sebagai Mahasiswa Qur'ani berperan aktif dalam dunia MTQ merupakan salah satu konkritifitas penguatan jaringan untuk mengembangkan dan menyalurkan bakatnya dalam berkompetisi.

Walaupun sebagai mahasiswa yang berkarakterkan Qur ani, tidak ada salahnya menjalin hubungan dengan dunia luar untuk menambah suatu jaringan sebagai sarana untuk mengembangkan diri, baik berupa jaringan politik, pendidikan, perdagangan dan lain sebagainya.

Yang terpenting dalam hal ini adalah harus mempunyai prinsip dasar yang kuat dan dapat dijadikan pegangan hidup sebagai seorang mahasiswa.

Meraih suatu kesuksesan tentu tidaklah mudah, tidak seperti membalikan telapak tangan.

Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan tersebut memerlukan suatu proses yang tidak sebentar dan butuh ketlatenan (Jawa: keuletan) dalam menjalankanya. Paling tidak bisa di mulai dari diri sendiri dan dari hal yang paling kecil untuk berusaha mencapai kesuksesan dalam hidup, dan yang paling penting adalah dengan kesuksesan yang kita dapat kita bisa bersama-sama membangun citra diri mahasiswa.

oleh: Reza Tx

Redaktur GMPP

I

Tidak ada komentar: